Menu

Mode Gelap

Daerah · 22 Feb 2023 02:02 WIB ·

Bagi Para Pelaku UMKM, Manajemen Keuangan Sangat Penting


 Bagi Para Pelaku UMKM, Manajemen Keuangan Sangat Penting Perbesar

catatanjabar.com -Beragam makanan tradisional khas Geopark Sukabumi, tersedia di Pawon Moghes yang merupakan tempatnya para pecinta kuliner,

Dian Herlina sang pemilik usaha Pawon Moghes menceritakan, saat ia memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha seperti sekarang tidaklah mudah, karena ilmu wirausaha yang dimilikinya sekarang itu berjalan dengan sendirinya atau ia belajar secara otodidak.

“Bagi saya pelatihan, pendampingan itu penting. Karena tidak akan maksimal atau terarah ketika saya berproses tanpa pelatihan (ilmu), yang diawal saya memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha sama sekali ilmu tentang kewirausahaan apalagi bisnis itu saya gak punya,” ungkapnya.

“Seringnya diundang dan mengikuti pelatihan-pelatihan itu wawasan juga bertambah atau makin luas jejaring.  Pelatihan tanpa pendampingan itu pincang sesah lumpat (susah berlari.red) menurut saya. Karena tak jarang saya pribadi ketika pelatihan itu mendapat materi yang sulit untuk dipahami, salah satu solusinya ya diskusi dengsn pendamping,” tambahnya.

Dian pun mencari solusi tentang wirausaha agar dalam menjalankan usahanya ia bisa mencapainya secara maksimal. Karena dari itu ia melakukan komunikasi dengan pihak yang memang bisa mengarahkannya.

“Tentunya tidak mudah saat saya ingin memulai  ini semua, bahkan saat mendapat masalah pun seputaran wirausaha itu saya selalu berkomunikasi dengan pendamping (siapapun yang bisa diajak curhat), untuk apa, agar dalam usaha yang saya jalankan bisa lebih terarah,” papar Dian.

Salah satu hal yang Dian dapatkan dari komunikasi dengan pendamping ialah soal keuangan dalam usaha yang ia jalani.

“Dalam komunikasi atau curhat saya dengan pendamping yaitu untuk pencatatan keuangan, menurut saya ini sangat penting, sekecil apapun biaya yang dikeluarkan uang atau omset yang didapat itu harus betul terekam, tercatat meskipun dalam penyajian yang sederhana sekalipun, dan tentunya yang dimengerti dulu saja oleh kita,” tuturnya.

“Karena hal termudah menurut saya untuk pengecekan sejauh mana usaha kita ini berkembang, ada peningakatan ya dr laporan keuangan, dari situ baru kita bsa menelusuri penyebab yang dapat mempengaruhi hal itu, entah itu di dipromosi, diproduksi dsb lah,” tambahnya lagi.

Selain laporan keuangan, Dian mengatakan hal administrasi pun sangat penting karena ini merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan suatu usaha yang sedang dijalani.

“Selain laporan keuangan, administrasi lainnya pun saya coba terapkan perlahan dan bertahap meski usaha ini skala usaha mikro kecil tapi mimpi saya suatu saat usaha  Pawon Moghes ini akan menjadi usaha besar. Jika tidak saya persiapkan dari sekarang bagaimana saya bsa mengontrol laju usaha saya, tentunya ini dibutuhkan tim yang solid yang tidak hanya sebatas kerja dapat upah. Tapi kitapun wajib memiliki tim yang mampu menganggap klo mereka ada di Pawon Moghes ini bukan sebatas kerja dapat upah, tapi merasa memiliki juga,” ungkap Dian.

“Selain hal di atas, di Pawon Moghes kami bangun juga komunikasi baik dan kekeluargaan. Salah satu contoh surprise kecil di hari ulang tahun tim itu sangat mempengaruhi kinerja para karyawan dan ketika omset tercapai bahkan melampaui kami beri bonus, ajak jalan-jalan. Dan kami sampaikan visi misi perusahan seprti apa itu semua orang yang terlibat wajib mengetahui dan paham,” tutupnya

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Asep Japar Terima Dukungan dan Doa dari Masyarakat Sukabumi untuk Menjadi Bupati

15 April 2024 - 21:52 WIB

Pimpinan Ponpes Sunanul Huda Dukung Program Jaksa Masuk Pesantren untuk Pencegahan Kejahatan Pelajar

27 Maret 2024 - 09:34 WIB

Kepala DPU Sukabumi Sampaikan Tiga Poin Penting dalam Meningkatkan Kualitas Layanan

9 Maret 2024 - 00:12 WIB

Bakti Sosial dan Donor Darah Meriahkan HUT ke-2 Karang Taruna Caringin

14 Januari 2024 - 05:45 WIB

Tanggap Darurat: UPTD PU Jampangkulon Segera Respons Jebol Jalan dan Banjir di Desa Balekambang

6 Januari 2024 - 01:58 WIB

Wakil Bupati Sukabumi Intensif Awasi Pengamanan Malam Tahun Baru 2024 di Exit Tol Parungkuda

1 Januari 2024 - 20:19 WIB

Trending di Daerah