Menu

Mode Gelap

Daerah · 26 Nov 2023 00:06 WIB ·

Bakti PU Ke-78: Memancing Bersama, Santunan, dan Pembagian KTP Elektronik di Situ Cisuba, Cikidang


 Bakti PU Ke-78: Memancing Bersama, Santunan, dan Pembagian KTP Elektronik di Situ Cisuba, Cikidang Perbesar

Bakti PU Ke-78: Memancing Bersama, Santunan, dan Pembagian KTP Elektronik di Situ Cisuba, Cikidang

Cikidang, catatanjabar.com, 26 November 2023, Laporan Tim

SUKABUMI -Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus menggali potensi wisata dengan mengadakan kegiatan Bakti PU ke-78. Di Situ Cisuba, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Minggu (26/11/2023).

Kali ini, eksplorasi dilakukan pada tiga hidden gem, yakni Situ Habibie, Situ Cijeruk, dan Situ Cisuba. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi, H. Asep Japar, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai ajang evaluasi Dinas PU terutama di bidang perairan.

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, menjelaskan bahwa kegiatan memancing bersama masyarakat menjadi pilihan yang tepat untuk memperkenalkan objek wisata. Komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat dapat terjalin dengan baik melalui kegiatan yang disukai oleh berbagai kalangan. “Ini merupakan salah satu upaya mengenalkan objek wisata. Kenapa dengan memancing? Memancing itu, semua usia ada. Lewat kegiatan semacam ini, komunikasi dua arah bisa tersampaikan secara baik,” ujarnya.

Bukan hanya sebagai kegiatan pariwisata, Bakti PU ke-78 juga menjadi momen untuk mengevaluasi manfaat situ-situ tersebut dalam pemberdayaan pertanian. Pemerintah Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk melestarikan lingkungan dengan menyebarkan bibit ikan di sejumlah situ. “Kami mencoba menyebarkan bibit ikan ke sejumlah situ. Kegiatan ini sebagai upaya melestarikan lingkungan dan protein masyarakat,” ungkap Bupati Sukabumi. Ikan hasil pembibitan ini diharapkan dapat memberikan tambahan protein untuk masyarakat setempat.

Selain kegiatan memancing, Bakti PU ke-78 juga melibatkan aksi sosial dan perekaman administrasi kependudukan. Setiap kegiatan, termasuk di Situ Cisuba, dilakukan perekaman administrasi kependudukan sebagai upaya pendataan yang baik. “Setiap kegiatan kami, selalu ada perekaman adminduk ataupun hal lainnya. Ini sebagai upaya agar semua masyarakat di Kabupaten Sukabumi terdata dengan baik,” tambah Bupati.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, H. Asep Japar, menuturkan bahwa kegiatan memancing di Situ Cisuba merupakan event terakhir di tahun ini setelah berbagai rangkaian kegiatan di sejumlah situ. Pasca rangkaian kegiatan ini, H. Asep Japar berharap dapat menyerap berbagai aspirasi dan melihat potensi serta kondisi di lapangan yang bisa dikembangkan di kemudian hari. “Melalui kegiatan ini, masyarakat dengan pemerintah bisa bersatu. Selain itu, bisa saling memberikan masukan dan informasi. Hasil aspirasi itu kita serap untuk digodok dan dijadikan program di kemudian hari,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan Hamami menyerahkan bantuan sembako kepada lansia, memberikan santunan kepada anak yatim piatu, dan menyerahkan KTP elektronik kepada remaja yang telah berusia minimal 17 tahun. Semua kegiatan ini merupakan bentuk komprehensif dari Bakti PU ke-78 yang menggabungkan aspek pariwisata, sosial, dan administrasi kependudukan.

Red/SNI

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Asep Japar Terima Dukungan dan Doa dari Masyarakat Sukabumi untuk Menjadi Bupati

15 April 2024 - 21:52 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara Mengucapkan “Minal Aidzin Wal faidzin Mohon Maaf Lahir Batin

8 April 2024 - 09:02 WIB

Selamat Hari Raya IDUL FITRI 1445 H

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Mengucapkan “Minal aidin walfaidzin, Mohon Maaf Lahir Batin”

8 April 2024 - 08:50 WIB

Selamat Hari Raya IDUL FITRI 1 Syawal 1445 Hijriah.

Bupati Sukabumi dan Ketua DPRD Apresiasi Peran Lembaga Keagamaan dan Ormas Islam dalam Pembangunan

4 April 2024 - 18:34 WIB

Rapat Koordinasi untuk Kesejahteraan Petani: Komisi I DPRD dan Pemkab Sukabumi Fokus pada Reforma Agraria

3 April 2024 - 18:21 WIB

Pimpinan Ponpes Sunanul Huda Dukung Program Jaksa Masuk Pesantren untuk Pencegahan Kejahatan Pelajar

27 Maret 2024 - 09:34 WIB

Trending di Daerah