Menu

Mode Gelap

Umkm · 3 Apr 2023 10:14 WIB ·

Curug Cimarinjung, Diestinasi Unggulan CPUGGp, Dorong Perekonomian dan UMKM Kab. Sukabumi


 Curug Cimarinjung, Diestinasi Unggulan CPUGGp, Dorong Perekonomian dan UMKM Kab. Sukabumi Perbesar

catatanjabar.com SUKABUMI, Curug Cimarinjung terletak di Desa Ciwaru, Kecamaan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Curug ini menjadi satu diantara beberapa air terjun yang menjadi destinasi andalan di kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Masyarakat sekitar menyebut bahwa curug Cimarinjung dikenal dengan penamaan Curug Goong. Menurut legenda, kawasan Cimarinjung merupakan sebuah keraton alam ghaib tempat peminjaman peralatan gamelan pada acara perayaan masyarakat kala itu. Namun perlengkapan kesenian tersebut satu persatu mulai hilang karena adanya masyarakat yang tidak mengembalikan.

Di aliran sungai yang sama, sebelum Curug Cimarinjung juga terdapat dua curug kecil yang berkaitan erat dengan alat gamelan tersebut, antara lain Curug Dogdog Dan Curug Nyelempet. Konon, alat gamelan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang akan menggelar acara hajatan atau pesta, baik hiburan pesta pernikahan maupun hiburan lainnya.

Warga Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, yang juga sebagai pengurus ikatan homestay Ciletuh Pelabuhan Ratu, Ade Krisdiana menjelaskan, setelah ditetapkannya kabupaten sukabumi sebagai taman bumi oleh Unesco Global Geopark, penamaan curug goong tak lagi utuh, namun dirubah menjadi Curug Cimarinjung.

“Alhamdulillah tidak ada terjadi hal negatif setelah penamaan Curug Cigoong diganti menjadi Curug Cimarinjung” Ungkap Ade, Sabtu (18/3/23).

Ade menceritakan, Curug tersebut sejak dulu sering dijadikan lokasi bermain oleh warga sekitar, terutama oleh anak-anak yang akan melakukan berenang. Seperti saat ini aktivitas pengunjung yang datang ke tempat ini untuk melakukan itu, selain berfoto selfie untuk mengabadikan view yang Instagram able.

“Tidak sedikit wisatawan yang datang kesini untuk melakukan berenang, dan kebiasaan itu memang dari dulu sebelum ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark,” terangnya.

Ade mengaku bersyukur kawasan tersebut ditetapkan sebagai kawasan pariwisata internasional, karena bisa merubah tingkat perekonomian masyarakat yang signifikan.

“Alhamdulillah ini mukjijat yang sangat luar biasa karena Kab. Sukabumi diakui sebagai pariwisata dunia. Alhamdulillah masyarakat yang mayoritasnya petani dan nelayan, kini ada yang menjadi seorang pengusaha. Baik menjadi pengusaha UMKM maupun pengusaha homestay,” imbuhnya.

Ketinggian dinding Curug Cimarinjung berukuran sekitar 50 meter dan 100 meter di atas permukaan laut. Curug ini bermuara ke Teluk Ciletuh di Samudera Hindia. Posisi Curug nya pun menghadap langsung ke Samudera Hindia,” pungkasnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 57 kali

Baca Lainnya

Sidak Plh. Sekda di Pasar Cisaat: Persediaan dan Harga Pangan Stabil Menjelang Idul Adha

7 Juni 2024 - 21:34 WIB

Simi Fashion & Culinary Nite Festival 2023: Eksplorasi Kreativitas UMKM Sukabumi dengan Bahan Alami

26 November 2023 - 08:17 WIB

Kadis KUKM Dampingi Sekda Menerima Kunjungan ASPEKSINDO Dan KBBI Di Aula Pendopo

26 Mei 2023 - 01:34 WIB

” Cycling de Jabar ” Pemkab Akan Menampilkan Berbagai Kegiatan Dalam Perhelatan Tersebut, Di Mulai Dari Pertunjukan Kesenian Hingga Bazar UMKM

25 Mei 2023 - 01:15 WIB

Syukuran Hari Nelayan Ke-63, Bupati Sukabumi: Dalam hal Inilah Diperlukan Peran DKUKM, Indag Dan DPMPTSP Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Usaha

21 Mei 2023 - 01:03 WIB

Kick Off UMKM Juara Kota Sukabumi 2023 di Aula Bank BJB

4 Mei 2023 - 02:18 WIB

Trending di Umkm