Menu

Mode Gelap

News · 18 Nov 2022 08:30 WIB ·

Dinas Perikanan Gelar FGD Kajian Penerapan Teknologi 4.0 di Bidang perikanan


 Dinas Perikanan Gelar FGD Kajian Penerapan Teknologi 4.0 di Bidang perikanan Perbesar

catatanjabar.com – Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bersama akademisi UMMI Sukabumi membahas Penyusunan Kajian Penerapan Teknologi 4.0 dalam sektor Perikanan.FGD dilaksanakan di Meeting Room Kampus UMMI Sukabumi, Kamis, (17/11/2022). Dalam diskusi terpusat tersebut disampaikan bahwa Teknologi 4.0 sebagai teknologi berbasis digital yang digunakan di bidang perikanan diantaranya adalah : Automatic Feeder (mesin pemberi pakan otomatis), Manajemen Kualitas Air (untuk mendeteksi kualitas air dalam rangka pencegahan penyakit) dan Fish Finder (Alat pendeteksi keberadan ikan). Selain itu ada teknologi Informasi Cuaca (untuk penangkapan ikan) dan Aplikasi e-fishery yang berhubungan dengan pakan dan pemasaran ikan.
Kadis Perikanan Nunung Nurhayati seperti dilansir dari laman Facebook Pemerintah Kabupaten Sukabumi, menjelaskan manfaat dari penerapan teknologi 4.0 dalam bidang perikanan tersebut diantaranya adalah Efisiensi biaya, Pencegahan atau penanggulangan penyakit, Efektifitas usaha penangkapan dan Efisiensi waktu dan tempat.
“Sementara Hambatan yang masih banyak dijumpai adalah keterbatasan akses teknologi baik pada petani milenial maupun petani konvensional berupa keterbatasan sarana informasi dan komunikasi,” jelasnya.
Tak hanya itu, lanjut Nunung, kompetensi SDM serta kebiasaan pada saat proses produksi yang masih harus beradaptasi dengan teknologi juga masih menjadi kendala
“Kedepannya ingin dikembangkan penerapan teknologi 4.0 di Kampung Perikanan Budidaya maupun di Kampung Nelayan Maju melalui konsep Smart Fisheries Villages” ujarnya.
Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Asep Japar Diusung Partai Golkar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024: Loyalitas dan Kontribusi Jadi Kunci

14 Juli 2024 - 02:59 WIB

Bupati Sukabumi dan Ketua DPRD Hadiri Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK di Jakarta, Dibuka oleh Presiden Jokowi

9 Juli 2024 - 04:50 WIB

Soliditas Kader Golkar Sukabumi untuk Asep Japar: Menguatkan Posisi Terkuat di Pilkada 2024

8 Juli 2024 - 18:26 WIB

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Mengucapkan Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H.

7 Juli 2024 - 04:55 WIB

Jalan Karangtengah-Sinagar Berfungsi Optimal: Pemeliharaan Rutin Dinas PU Tingkatkan Kualitas Jalan dan Perekonomian

3 Juli 2024 - 04:48 WIB

Dinas PU Sukabumi Awasi Pemeliharaan Jalan Surade-Kadaleman untuk Kualitas Terbaik

2 Juli 2024 - 06:29 WIB

Trending di Headline