Menu

Mode Gelap

Bisnis · 21 Okt 2022 21:47 WIB ·

DKUKM Gelar Bimbingan Teknis (BIMTEK), Kuatkan Pemahaman Manajemen Usaha Diakalangan Pesantren


 DKUKM Gelar Bimbingan Teknis (BIMTEK), Kuatkan Pemahaman Manajemen Usaha Diakalangan Pesantren Perbesar

catatanjabar.com – Puluhan santri dari berbagai pesantren di Kabupaten Sukabumi mengikuti bimbingan teknis manajemen usaha berbasis pondok pesantren di PLUT Cikembar, Kamis, 20 Oktober 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dalam mengatur usahanya.
Maka dari itu, kegiatan yang diikuti 40 santri ini menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya. Hal itu seperti Eliyanti dari PT Grahita Indonesia Sukabumi dan Teti Sumiarti dari KADIN.
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DKUKM) Kabupaten Sukabumi H. Yulipri mengatakan, daerah terluas di Jawa Barat ini memiliki ratusan ribu pelaku UMKM. Namun, proses manajemen usahanya masih tradisional. Sehingga, perlu adanya bimbingan teknis terkait manajemen agar usahanya terus meningkat.
“Makanya pemerintah hadir untuk mendorong pelaku UMKM, termasuk di lingkungan pesantren untuk berkembang. Hal itu dengan bimtek yang dimulai dari sisi pengadministrasian, pemasaran, kualitas produk, dan yang lainnya. Semuanya dilakukan secara berkesinambungan,” ujarnya.
Menurutnya, lingkungan pesantren pun sangat potensial untuk dikembangkan dari sisi usahanya. Bahkan, bisa menjadi ikon dan diunggulkan sebagai penggerak perekonomian daerah.
“Dari 201.462 pelaku UMKM yang tecatat di kami, sebagian berasal dari lingkungan pesantren,” ucapnya.
Maka dari bimbingan teknis kali ini lebih ditujukan kepada pondok pesantren. Hal itu guna menciptakan kemandirian umat melalui para santri, masyarakat, dan pondok pesantren.
“Semua ini dilakukan agar pesantren dan santri bisa mandiri secara ekonomi dan sosial. Termasuk, memacu pengembangan skill, teknologi produksi, distribusi, hingga pemasaran yang dilakukan melalui pendekatan inovatif dan strategis,” pungkasnya.
Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Pemkab Sukabumi Dukung Pendirian Ponpes Khadimul Muslimin: Menguatkan Aspek Religius dan Pendidikan

26 Maret 2024 - 06:11 WIB

Pelantikan 247 Pejabat Fungsional dan Kepala Sekolah di Kabupaten Sukabumi oleh Bupati Marwan Hamami

27 Desember 2023 - 05:58 WIB

Simi Fashion & Culinary Nite Festival 2023: Eksplorasi Kreativitas UMKM Sukabumi dengan Bahan Alami

26 November 2023 - 08:17 WIB

Kadis PU Kabupaten Sukabumi Ucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2023 dengan Jargon “Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju”

25 November 2023 - 07:19 WIB

Acara Kenaikan Kelas Dan Pelepasan Siswa SDN 1 Bojongkalong Nyalindung Sukabumi

3 Juli 2023 - 01:30 WIB

” Cycling de Jabar ” Pemkab Akan Menampilkan Berbagai Kegiatan Dalam Perhelatan Tersebut, Di Mulai Dari Pertunjukan Kesenian Hingga Bazar UMKM

25 Mei 2023 - 01:15 WIB

Trending di Bisnis