Menu

Mode Gelap

Pertanian · 10 Jan 2023 08:15 WIB ·

KECAMATAN CIKAKAK DIKENAL SEBAGAI DAERAH POTENSI DURIAN YANG CUKUP TINGGI


 KECAMATAN CIKAKAK DIKENAL SEBAGAI DAERAH POTENSI DURIAN YANG CUKUP TINGGI Perbesar

CATATANJABAR.COM- SUKABUMI, Kecamatan Cikakak Kab. Sukabumi memiliki banyak potensi yang cukup menjanjikan apabila dikelola dengan sungguh-sungguh, baik potensi di bidang pertanian, pariwisata maupun budaya. Namun saat ini Kec. Cikakak dikenal sebagai daerah potensi durian yang cukup tinggi.
Kecamatan Cikakak memiliki luas wilayah sekitar 11.644,26 Hektar dengan jumlah penduduk 43.790 jiwa, antara lain sebanyak 22.599 laki-laki dan 21.191 perempuan. Terbagi kedalam 9 desa, diantaranya Desa Cimaja, Cikakak, Ridogalih, Margalaksana, Sirnarasa, Cileungsing, Sukamaju, Cirendang dan Gandasoli.
Camat Cikakak Dadang Ramdani menjelaskan, ketenaran durian cikakak mulai melesat pada tahun 2019 tahun lalu, dimana pada saat itu Pemerintah Kab. Sukabumi menyelenggarakan festival buah lokal yang berlokasi di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu. Dari berbagai varietas durian yang ditampilkan disana, daerah Cikakak lah yang meraih juara pertamanya.
“Jenis durian yang masuk kategori dalam festival itu diantaranya, durian vanessa milik Saiban asal Desa Gandasoli, Kecamatan Cikakak. Juara kedua durian Sibo yang juga milik Saiban, dan juara ketiganya direbut durian Si Sultan milik Dayat” Ungkap Dadang saat di konfirmasi diruang kerjanya. Senin (9/1/23)
Camat Dadang menjelaskan, tidak hanya varietas tersebut yang menjadi durian unggulan di daerah Cikakak, tetapi banyak jenis lain yang menjadi unggulan, salah satunya durian jenis Matahari, Sigandaria dan musangking.
“Dari berbagai jenis durian yang dimiliki ini namun yang menjadi ciri khas nya adalah Sigandaria. Kualitas durian sigandaria memiliki jenis dan rasa berbeda dengan varietas durian lain” Terangnya
Camat membeberkan, keberadaan durian Sigandaria tidak semua Desa di Kecamatan Cikakak memilikinya, diantara sembilan desa hanya Desa Sukamaju yang menjadi jargonnya sigandaria. Sehingga animo masyarakat saat ini lebih tertarik menanam durian.
“Ada sembilan kelompok petani durian di wilayah kecamatan Cikakak, bahkan hari ini masyarakat lebih cenderung mengembangkan tanaman durian, karena durian memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga mereka lebih tertarik itu” Jelasnya
Kecamatan Cikakak saat ini terus memberikan edukasi terhadap kelompok petani durian di wilayahnya melalui berbagai hal yang dilakukan, diantaranya pendekatan kemampuan agar dapat meningkatkan inovasi dan ide-ide baru, mulai dari pengembangan jenis varian sampai perawatan secara berkala.
“Mudah-mudahan dengan pengembangan durian di Kecamatan Cikakak ini bisa menjadi eduwisata pohon durian yang dapat menarik perhatian dari semua kalangan baik dari daerah maupun manca negara” Tandasnya.
Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Semangat Baru untuk Ekonomi dan Pertanian: Calon Bupati Asep Japar Hadir di Pertemuan Komunitas Alur Cai Sukabumi

21 Mei 2024 - 19:34 WIB

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara Menyambut Prioritas Pertanian dan Pariwisata di RPJPD 2025-2045

14 Desember 2023 - 08:09 WIB

Kadis PU Asep Jafar Dampingi Bupati H.Marwan Hamami Menyerahkan Akta Notaris P3A

7 Desember 2022 - 03:01 WIB

KIM CIBER IKUTI BIMTEK KIM KABUPATEN

24 November 2022 - 02:10 WIB

Marriage And Surprise Have More In Common Than You Think

26 Agustus 2021 - 20:41 WIB

The Next 80 Things To Immediately Do About Listening

26 Agustus 2021 - 20:36 WIB

Trending di Pertanian