Menu

Mode Gelap

Umkm · 4 Mei 2023 02:18 WIB ·

Kick Off UMKM Juara Kota Sukabumi 2023 di Aula Bank BJB


 Kick Off UMKM Juara Kota Sukabumi 2023 di Aula Bank BJB Perbesar

Kick Off UMKM Juara Kota Sukabumi 2023 di Aula Bank BJB

catatanjabar.com– SUKABUMI, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melakukan Kick Off UMKM Juara Kota Sukabumi 2023 di Aula Bank BJB Cabang Sukabumi, Rabu (3/5/2023).

Momen ini dalam mendorong UMKM naik kelas dengan fokus pada legalitas usaha, literasi keuangan, digitalisasi, akses permodalan, dan pemasaran. Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jabar Kusmana Hartadji, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan, dan Koordinator Pendamping UMKM Juara Kota Sukabumi, Sri Puji Rahayu.

” UMKM juara salah satu program unggulan gubernur untuk dapat tumbuh dan berkembang dalam skala usaha menjadi UMKM naik kelas,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Sama halnya dengan Sukabumi Kece di Kota Sukabumi yakni Sukabumi Kelurahan Entrepreneurship Center.

Dalam UMKM juara terang Fahmi, ada upaya penguatan diri dan manajemen usaha, akses permodalan, akses pasar, dan pendampingan serta pelatihan. Intinya ada langkah kolaborasi antar unsur pentahelix termasuk dalam penguatan UMKM.

Fahmi menuturkan, untuk penguatan UMKM di Sukabumi disediakan space titik Juara di Lapang Merdeka sebagai etalase produk UMKM juara. Hal ini sebagai bentuk komitmen agar hasil produk makin bagus.

” Kalau UMKM mau sukses berhasil pantaskan diri jadi UMKM,” ungkap Fahmi. Pertama tidak ada yang bisa menolak teknologi.

HP kata Fahmi, bukan hanya jadi alat komunikasi saja tapi alat produksi. Selain itu terjadi transformasi dari cash jadi cashless sehingga harus adaptasi. Kedua terang agar UMKM naik kelas harus ikuti legalitas usaha jadi penting dilakukan yakni NIB, PIRT, sertifikat halal, dan laik higiene.

Fahmi mengungkapkan, fokus kegiatan pendampingan 2023 yakni legalitas usaha, literasi keuangan, digitalisasi, akses permodalan, dan pemasaran. Tidak bisa hanya satu pihak tapi kolaborasi dalam penguatan UMKM.

” Semoga sukses jadi pelaku UMKM dan kondisi ekonomi membaik di masa pemulihan ekonomi,” cetus Fahmi. Harapannya pelaku UMKM Kota Sukabumi jadi yang terbaik di Jabar dan nasional serta dunia.

” Kota Sukabumi jadi yang pertama kick off UMKM juara di tahun 2023,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Jabar Kusmana Hartadji yang hadir dalam kesempatan itu. Sehingga menunjukkan keseriusan Sukabumi dalam mendorong UMKM naik kelas.

Menurut Kusmana, hal ini perlu dicontoh bagi daerah lainnya. Terutama dalam penerapan Go global go modern dan go digital.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 17 kali

Baca Lainnya

Simi Fashion & Culinary Nite Festival 2023: Eksplorasi Kreativitas UMKM Sukabumi dengan Bahan Alami

26 November 2023 - 08:17 WIB

Kadis KUKM Dampingi Sekda Menerima Kunjungan ASPEKSINDO Dan KBBI Di Aula Pendopo

26 Mei 2023 - 01:34 WIB

” Cycling de Jabar ” Pemkab Akan Menampilkan Berbagai Kegiatan Dalam Perhelatan Tersebut, Di Mulai Dari Pertunjukan Kesenian Hingga Bazar UMKM

25 Mei 2023 - 01:15 WIB

Syukuran Hari Nelayan Ke-63, Bupati Sukabumi: Dalam hal Inilah Diperlukan Peran DKUKM, Indag Dan DPMPTSP Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Usaha

21 Mei 2023 - 01:03 WIB

DKUKM Dampingi Wakil Bupati Sukabumi Tutup Bazar Culinary Ramadhan 1444 H

15 April 2023 - 12:44 WIB

PEMBUKAAN BAZAR RAMADHAN, BUPATI ” WUJUDKAN BANGGA PRODUK LOKAL” KEGITAN INI JUGA MENDORONG PELAKU UMKM UNTUK MENJUAL PRODUK UNGGULAN MEREKA

12 April 2023 - 22:54 WIB

Trending di Umkm