Menu

Mode Gelap

Daerah · 3 Apr 2024 05:06 WIB ·

Langkah Tanggap Dinas PU Sukabumi Mengatasi Krisis Jalan Kabupaten yang Amblas


 Langkah Tanggap Dinas PU Sukabumi Mengatasi Krisis Jalan Kabupaten yang Amblas Perbesar

Langkah Tanggap Dinas PU Sukabumi Mengatasi Krisis Jalan Kabupaten yang Amblas

Simpenan, catatanjabar.com, 3 April 2024, Laporan:sbr/info/DPU.

SUKABUMI -Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi sudah memulai pembangunan jalan darurat sebagai alternatif untuk pengganti ruas jalan kabupaten yang amblas di Kampung Cisepan, Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan.

Kepala UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi, mengatakan, pembangunan jalan darurat tersebut dimulai sejak hari Sabtu 30 Maret 2024 dan dipastikan di momen mudik Lebaran 2024 bisa jadi akses alternatif bagi transportasi darat masyarakat.

“Jadi pembangunan jalan itu dipindahkan streking dari yang longsor ke sebelahnya. Sekarang sudah perkerasan tinggal dipadatkan. Mesinnya sudah di lokasi,” kata Edi.

Menurut Edi, jalan darurat tersebut memiliki panjang 50 meter dan lebar 4 meter dengan kontruksi pemadatan bakal memakai sistem telford dan di atasnya dihampar beskos untuk kemudian dipadatkan memakai mesin gilas atau stum 6- 8 ton.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan memperbaiki saluran drainase sebagai tindakan antisipasi agar jalan darurat itu tidak terkena amblas susulan karena air hujan.

“Air hujan nanti akan kesaluran yang ada, biar air gak ngalir ke area yang amblas dan menimbulkan longsoran susulan yang lebih besar lagi,” jelasnya.

Alat berat milik Dinas PU Kabupaten Sukabumi siap padatkan jalan darurat.Alat berat stum milik Dinas PU Kabupaten Sukabumi siap padatkan jalan darurat.

Menurut Edi, progres penanganan perkerasan sementara jalan darurat ini sudah hampir 100 persen dan sejak hari Selasa 2 April 2024 sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat.

“Pembebasan tanah untuk jalan darurat tersebut dilakukan oleh pihak desa Mekarsari dan desa Cibuntu serta pak camat. Untuk anggaran BPBD, dan PU yang menyediakan alat berat serta melakukan pengerjaannya,” kata Edi.

Adapun tindak lanjut untuk perbaikan jalan utama yang amblas menurutnya harus diadakan pengkajian terlebih dahulu terkait keadaan kontur tanahnya. “Dan harus di beton apa di beronjong area disitu,” tandasnya.

Red/SNI

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Relawan Akbar Sambut Hangat Asep Japar di Jampangkulon

14 Mei 2024 - 05:04 WIB

Update Penanganan Darurat Dinas PU: Longsor dan Irigasi Binongsari Teratasi

7 Mei 2024 - 05:29 WIB

Langkah Cepat UPTD PU Jampangkulon: Bronjong Cegah Longsor di Desa Kadaleman

4 Mei 2024 - 05:06 WIB

Infrastruktur Jalan Ditingkatkan: Pembaharuan Jalan Kompa-Cipanggulaan Selesai Dilakukan

29 April 2024 - 05:10 WIB

Turut Lindungi Jalan: Panggilan Kepala PU Sukabumi kepada Masyarakat

26 April 2024 - 15:44 WIB

Marwan Hamami Buka Surat Dukungan Golkar: Asep Japar Terima Dukungan Meriah dari Tiga Partai Utama

26 April 2024 - 06:07 WIB

Trending di Daerah