Menu

Mode Gelap

Daerah · 12 Nov 2022 03:42 WIB ·

Pemkab Bogor Apresiasi Pemkab Sukabumi Optimalkan Peran Dan Kapasitas Kecamatan


 Pemkab Bogor Apresiasi Pemkab Sukabumi Optimalkan Peran Dan Kapasitas Kecamatan Perbesar

catatanjabar.com – Sukabumi, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi tiru dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Penerimaan tersebut berlangsung di Aula Kecamatan Palabuhanratu pada hari Jum’at, (11/11/2022).
Rombongan Studi tiru yang berjumlah 210 orang dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Dearah Kabupaten Bogor. Maksud Studi tiru untuk mempelajari kebijakan Pemkab Sukabumi dalam mengoptimalisasikan peran dan kapasitas Pemerintah Kecamatan.
Khususnnya Peran dan kapasitas Pemerintah Kecamatan dalam mengakselerasi tata kelola pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat serta ruang inovasi dan kreativitas daerah.
Seperti Dilansir dari laman Facebook Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Palabuhanratu dijadikan lokasi kunjungan studi tiru, sehubungan berada pada pusat pemerintahan kabupaten sukabumi, dan tengah berbenah dalam menata wilayahnya, melalui inovasi dan kreativitas perangkat dengan mengembangkan sumberdaya masyarakat.
Rombongan diterima oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Jujun Juaeni. Salam sambutannya Jujun menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi senantiasa memberikan ruang inovasi dan kreativitas para perangkat daerah dan memperkuat dengan kebijakan khususnya kepada Camat serta perangkat daerah kewilayahan.
“Secara regulasi penguatan peran pemerintah Kecamaatan dilakukan melalui Peraturan Bupati Nomor 78 Tahun 2020 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati
Kepada Camat, untuk mengoptimalkan potensi sumber daya yang dimiliki di masing-masing wilayah yang diwujudkan dalam bentuk pelayanan publik, kreativitas dan inovasi daerah” jelasnya.
Camat Palabuhanratu H. Ali Iskandar dalam pemaparannya mengemukakan tagline “bersatu memuliakan Palabuhanratu’ yang diyakini mampu meningkatkan pembangunan ekonomi dan menambah semangat partisipasi cinta daerah.
“Ikhtiar tersebut, diharapkan mampu menjadi daya ungkit dalam menopang misi ke dua pemerintah Kabupaten Sukabumi sebagaimana ditetapkan dalam RPJMD 2021-2026, yakni: “Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi Berbasis Agrobisnis dan Pariwisata Berkelanjutan”. tegasnya.
Diakhir kegiatan, rombongan disuguhkan dengan inovasi Kecamatan Palabuhanratu, yaitu citytour storytelling sejarah Palabuhanratu sebagai sebuah momentum untuk menguatkan jalinan silaturahmi, edukasi, promosi daerah dengan menggunakan kendaraan wisata ‘Si Ratu”.
Rombongan Pemkab Bogor menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap penerimaan kunjungan.
“Pengalaman kunjungan kerja yang sangat menarik, sambil bekerja, belajar sejarah dan bisa berkeliling di sekitar pusat kunjungan Ibu Kota Kabupaten Sukabumi”, ungkap Ketua Rombongan.
Dalam kesempatan itu tampak hadir Kabag Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Sukabumi Sendi Apriadi yang menginisiasi model penerimaan kunjungan kedinasan antar daerah, Forkomincam Palabuhanratu dan Resata (Relawan Sadar Wisata) Kecamatan Palabuhanratu.
Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Asep Japar Diusung Partai Golkar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024: Loyalitas dan Kontribusi Jadi Kunci

14 Juli 2024 - 02:59 WIB

Bupati Sukabumi dan Ketua DPRD Hadiri Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK di Jakarta, Dibuka oleh Presiden Jokowi

9 Juli 2024 - 04:50 WIB

Soliditas Kader Golkar Sukabumi untuk Asep Japar: Menguatkan Posisi Terkuat di Pilkada 2024

8 Juli 2024 - 18:26 WIB

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Mengucapkan Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H.

7 Juli 2024 - 04:55 WIB

Jalan Karangtengah-Sinagar Berfungsi Optimal: Pemeliharaan Rutin Dinas PU Tingkatkan Kualitas Jalan dan Perekonomian

3 Juli 2024 - 04:48 WIB

Petani Sukabumi Dukung Upaya Perbaikan Irigasi: Kolaborasi UPTD PU dan Mitra Cai

3 Juli 2024 - 04:34 WIB

Trending di Daerah