Menu

Mode Gelap

PU BINAMARGA · 13 Apr 2023 18:41 WIB ·

Pemkab Sukabumi Melalui Dinas PU Saat Ini Sedang Menggeber Pembangunan Jalan Lingkar Utara


 Pemkab Sukabumi Melalui Dinas PU Saat Ini Sedang Menggeber Pembangunan Jalan Lingkar Utara Perbesar

catatanjabar.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi melalui Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) saat ini sedang menggeber pembangunan jalan lingkar utara Sukabumi.

Jalan yang memiliki panjang 25,4 Kilometer itu dimulai dari Kecamatan Kadudampit melewati Kecamatan Sukabumi, Kecamatan Sukaraja dan tembus ke Kecamatan Sukalarang.

Dalam berbagai momentum, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Asep Japar menyatakan tujuan dari pembangunan jalan tersebut untuk mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat seperti, agrobisnis dan agrowisata di kawasan yang ter lintasi jalan lingkar utara.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, menyatakan pembangunan jalan lingkar utara merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan dampak dengan dibukanya tol Bocimi.

Ade memprediksi, pasca dibuka pintu tol Bocimi akan dibarengi dengan lonjakan volume kendaraan yang masuk ke wilayah Sukabumi.

PLH Dekan Fakultas Teknik Universitas Nusa Putra yang juga Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Sukabumi, Ir. Paikun mengapresiasi rencana pembangunan jalan lingkar utara Sukabumi tersebut.

Menurut dia, setiap pembangunan hendaknya mengacu pada 4 aspek penting yakni, sasaran dan tujuan, Output, manfaat dan dampak dari pembangunan jalan tersebut.

Selain bisa mengurai kemacetan, Paikun berharap pembangunan jalan baru harus dapat memberikan dampak positif pada ekonomi wilayah setempat serta dapat membuka akses ke wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau, sehingga memudahkan distribusi barang dan jasa serta membuka peluang investasi baru.

Hal itu, menurut Paikun, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik, meningkatkan produktivitas, dan membuka lapangan kerja baru.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Kepala DPU Sukabumi Sampaikan Tiga Poin Penting dalam Meningkatkan Kualitas Layanan

9 Maret 2024 - 00:12 WIB

Kecamatan Curugkembar, Sukabumi: Tebing Tertutup Longsor, Akses Jalan Dipulihkan

20 Januari 2024 - 08:40 WIB

Perjuangan Warga Jampangtengah, Sukabumi: Bersihkan Jalan Tertutup Lumpur Pasca Hujan

14 Januari 2024 - 07:37 WIB

Koordinasi Efektif: Dinas PU Sukabumi dan Kementerian PUPR Survei Jalan Parungkuda-Pangkalan

13 Januari 2024 - 07:28 WIB

Keamanan Publik Prioritas: Dinas PU Sukabumi Bersinergi dengan Perkim Tebang Pohon Kering

13 Januari 2024 - 07:18 WIB

Langkah Proaktif Dinas PU Sukabumi: Pembersihan Gorong-Gorong demi Cegah Banjir

9 Januari 2024 - 07:10 WIB

Trending di News