Menu

Mode Gelap

News · 26 Nov 2022 02:48 WIB ·

Sekdis PU Binamarga Kabupaten Sukabumi, Hadiri Hari Bambu Nasional


 Sekdis PU Binamarga Kabupaten Sukabumi, Hadiri Hari Bambu Nasional Perbesar

catatanjabar.com Sukabumi, Bertempat di Kampung Cisitu, Desa Sukamulya Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. Berlangsung Kegiatan Peringatan Hari Bambu Nasional, pada Sabtu (26/11/2022)

Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri. Tampak hadir pula Sekdis PU Binamarga Kabupaten Sukabumi Yudi Sukandar ST.MT, dan beberapa perwakilan dari Dinas Kabupaten Sukabumi lainnya, Mahasiswa baik dari Sukabumi maupun dari negara negara lainnya, seperti dari Vietnam, Yaman, Sudan dan Peru, Warga Masyarakat Cisitu, dari perwakilan siswa SMK Wiguna dan tamu undangan lainnya.

Helat ini sendiri yang diinisiasi oleh DBS (Dunia Bambu Sukabumi) Kabupaten Sukabumi, yang di ketua oleh R Agus Ramdhan.

Ada pelatihan anyaman bambu terhadap anak sekolah dan para Mahasiswa, penanaman bambu yang dipimpin langsung Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri dan seluruh tamu undangan, di sekitaran kegiatan peringatan. Termasuk pula penandatanganan Deklarasi hari bambu nasional oleh semua tamu undangan yang hadir termasuk juga dilakukan oleh Wakil Bupati Sukabumi. Ada pula penampilan seni tari ronggeng milenial yang ditampilkan oleh  salah satu Mahasiswa, yang merupakan rangkaian dari kegiatan tersebut.

Seperti dilansir dari onenewsoke.com Ketua DBS Kabupaten Sukabumi, R Agus Ramdhan, saat diwawancarai menjelaskan.

“Kami dari DBS Kabupaten, di kegiatan yang kami selenggarakan ini, selain wujud peduli terhadap kelestarian tumbuhan bambu itu sendiri, kita juga mencoba bambu ini menjadi salah satu produk unggulan yang menjadi nilai tambah ekonomi masyarakat lokal nantinya. Bahkan tujuan kami juga para pengrajin bambu nantinya bisa dikenal atas kepiaweannya menganyam bambu, bukan hanya di Indonesia akan tetapi ditingkat Internasional,”ungkapnya.

Selain itu, Agus juga mengajak seluruh elem masyarakat dan juga pemerintah, untuk senantiasa menjaga dan merawat atas keberlangsungan pohon bambu tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PU Binamarga Kabupaten Sukabumi Asep Japar, yang diwakili Sekretaris Dinasnya Yudi Sukandar ST.MT, dirinya menjelaskan hubungan antara bambu dengan PU Kabupaten Sukabumi

“Perlu diketahui bersama, suatu kegiatan yang dimulai dari informasi, investigasi monitoring dan pelaksanaan kegiatan dilapangan, ini yang biasa dikerjakan oleh dinas PU itu sendiri. Kemudian, kaitannya kegiatan hari bambu dengan PU itu sendiri, ternyata ada hubungan yang sangat erat antara bambu dengan Dinas PU. Contohnya pasang pagar rumah pakai bambu, membuat patok patok bangunan, tangga buat alat di pekerjaan bangunan juga pakai bambu dan lainnya, itu bagian dari pekerjaan umum dari Dinas PU,”ungkapnya.

Masih kata Yudi, “Jadi jelas hubungan bambu dengan PU tidak bisa dipisahkan. Bambu merupakan alat bantu dan inti dari sebuah alat pekerjaan umum. Saya juga berterima kasih kepada Pa Agus dan semuanya, yang sudah mengundang kami dikegiatan hari bambu nasional ini. Jelaslah banyak sekali manfaat dari bambu. Untuk itu, marilah kita sama-sama jaga kelestarian bambu ini,”pungkasnya.

Dari data yang dihimpun untuk bulan Desember mendatang, direncanakan akan diadakan kegiatan Jambore Bambu Sukabumi yang ke-2

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Asep Japar Diusung Partai Golkar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024: Loyalitas dan Kontribusi Jadi Kunci

14 Juli 2024 - 02:59 WIB

Bupati Sukabumi dan Ketua DPRD Hadiri Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK di Jakarta, Dibuka oleh Presiden Jokowi

9 Juli 2024 - 04:50 WIB

Soliditas Kader Golkar Sukabumi untuk Asep Japar: Menguatkan Posisi Terkuat di Pilkada 2024

8 Juli 2024 - 18:26 WIB

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Mengucapkan Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H.

7 Juli 2024 - 04:55 WIB

Jalan Karangtengah-Sinagar Berfungsi Optimal: Pemeliharaan Rutin Dinas PU Tingkatkan Kualitas Jalan dan Perekonomian

3 Juli 2024 - 04:48 WIB

Dinas PU Sukabumi Awasi Pemeliharaan Jalan Surade-Kadaleman untuk Kualitas Terbaik

2 Juli 2024 - 06:29 WIB

Trending di Headline